Jakarta||ISBCenter.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menaikkan gaji PNS dan PPPK. Kenaikan gaji PNS itu diatur melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2024.
Daftar gaji terbaru ASN 2024 ini telah diundangkan dan diteken oleh Presiden Jokowi sejak 26 Januari 2024. Daftar terbaru ini merupakan yang terbaru untuk gaji ASN, TNI Polri, di mana pemerintah telah memutuskan naik 8% mulai Januari 2024.
Dilansir dari detikFinance, Selasa (30/1/2024), besaran gaji PNS terakhir masih diatur dalam PP Nomor 15 Tahun 2019. Dalam aturan tersebut, gaji terendah PNS ada pada golongan Ia dengan besaran Rp 1.560.800-2.335.800.
Dalam PP Nomor 5 Tahun 2024, gaji golongan I a naik menjadi Rp 1.685.700 – Rp 2.522.600. Kemudian untuk gaji tertinggi PNS Rp 6.373.200 untuk golongan IV e.
Keputusan kenaikan gaji PNS ini telah diumumkan oleh Jokowi dalam pidato RUU RAPBN 2024 beserta Nota Keuangan di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Rabu (16/8/2023).
“RAPBN 2024 mengusulkan perbaikan penghasilan berupa kenaikan gaji untuk ASN Pusat dan Daerah/TNI/Polri sebesar 8% dan kenaikan untuk Pensiunan sebesar 12%, yang diharapkan akan meningkatkan kinerja serta mengakselerasi transformasi ekonomi dan pembangunan nasional,” kata Jokowi saat itu.
Rincian Gaji PNS 2024:
Golongan I
– Golongan Ia: Rp 1.685.700-Rp2.522.600
– Golongan Ib: Rp 1.840.800-Rp2.670.700
– Golongan Ic: Rp 1.918.700-Rp2.783.700
– Golongan Id: Rp 1.999.900-Rp2.901.400
Golongan II
– Golongan IIa: Rp 2.184.000-Rp3.643.400
– Golongan IIb: Rp 2.385.000-Rp3.797.500
– Golongan IIc: Rp 2.485.900-Rp3.958.200
– Golongan IId: Rp 2.591.100-Rp4.125.600
Golongan III
– Golongan IIIa: Rp 2.785.700-Rp4.575.200
– Golongan IIIb: Rp 2.903.600-Rp4.768.800
– Golongan IIIc: Rp 3.026.400-Rp4.970.500
– Golongan IIId: Rp 3.154.400-Rp5.180.700
Golongan IV
– Golongan IVa: Rp 3.287.800-Rp5.399.900
– Golongan IVb: Rp 3.426.900-Rp5.628.300
– Golongan IVc: Rp 3.571.900 -Rp5.866.400
– Golongan IVd: Rp 3.723.000-Rp6.114.500
– Golongan IVe: Rp 3.880.400-Rp6.373.200
Daftar gaji PPPK 2024 :
Golongan I Rp1.938.500-Rp2.900.900
Golongan II Rp2.116.900-Rp3.071.200
Golongan III Rp2.206.500-Rp3.201.200
Golongan IV Rp2.299.800-Rp3.336.600
Golongan V Rp2.511.500-Rp4.189.900
Golongan VI Rp2.742.800-Rp4.367.100
Golongan VII Rp2.858.800-Rp4.551.800
Golongan VIII Rp2.979.700-Rp4.744.400
Golongan IX Rp3.203.600-Rp5.261.500
Golongan X Rp3.339.100-Rp5.484.000
Golongan XI Rp3.480.300-Rl5.716.000
Golongan XII Rp3.627.500-Rp5.957.800
Golongan XIII Rp3.781.000-Rp6.209.800
Golongan XIV Rp3.940.900-Rp6.472.500
Golongan XV Rp4.107.600-Rl6.746.200
Golongan XVI Rp4.281.400-Rp7.031.600
Golongan XVII Rp4.462.500-Rp7.329.000..(*AY)










